Project-Based Learning untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Komputasional dan Motivasi
Abstract
Keterampilan berpikir komputasional penting dalam pembelajaran abad ke-21, khususnya dalam mata pelajaran Informatika. Sayangnya, pendekatan konvensional belum efektif meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas Project-Based Learning (PjBL) berbasis e-learning terhadap keterampilan berpikir komputasional dan motivasi belajar siswa SMA. Menggunakan desain kuasi-eksperimen, dua kelas dibandingkan: satu menerapkan PjBL berbasis e-learning dan satu menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes berpikir komputasional dan angket motivasi belajar. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam skor posttest dan motivasi belajar pada kelas eksperimen. Platform e-learning yang dirancang memberikan pengalaman belajar interaktif dan kolaboratif. Integrasi proyek digital terbukti mendorong siswa untuk mengeksplorasi konsep algoritma secara lebih aktif. Penelitian ini merekomendasikan penerapan luas model PjBL berbasis e-learning sebagai strategi pembelajaran efektif dalam memperkuat kompetensi digital dan logika siswa di era teknologi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.38101/ajcsr.v7i2.15908
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Academic Journal of Computer Science Research
Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@global.ac.id
INDEXED BY:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/AJCSR/index.