Aplikasi Pengenalan Profesi pada Anak Usia Dini Berbasis Android

Tanti Sri Kuswiyanti, Santoso Santoso, Fitri Indriyani

Abstract


Pengenalan profesi sejak dini sangatlah bermanfaat bagi anak untuk menambah wawasan mengenai profesi, sehingga orangtua bisa mengarahkan anak pada cita-cita di masa depan. Pengenalan profesi bisa didapat anak dari guru atau orangtua, namun tentu profesi-profesi yang diajarkan terbatas. Media pembelajaran yang biasanya digunakan hanya buku bergambar atau dengan lisan, sehingga anak mudah bosan dalam belajar. Smartphone Android bisa dijadikan sebuah media pembelajaran. Oleh karena itu, perlunya sebuah aplikasi pengenalan profesi pada anak usia dini berbasis android untuk mengenalkan profesi secara interaktif pada anak. Aplikasi ini didukung dengan desain gambar yang menarik, backsound serta animasi untuk memberikan informasi mengenai profesi. Sistem dibangun dan dirancang menggunakan Adobe Animate CC 2019 dan Adobe Illustrator sebagai pengolah desain.

Keywords


Adobe Animate CC 2019, Android, Aplikasi Pembelajaran Interaktif, Profesi

Full Text:

PDF

References


M. I. Hanafri, S. Ramdhan, and K. Nisa, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Profesi Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS6,” J. Sisfotek Glob., vol. 7, no. 2, pp. 38–44, 2017.

D. Dian, H. Nasution, and A. S. Sukamto, “Aplikasi Pengenalan Mamapro (Macam-macam profesi) pada Anak Usia Dini,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 4, p. 169, 2018, doi: 10.26418/justin.v6i4.27280.

L. Lisnawati, “Media Pembelajaran ‘ Kebudayaan Masyarakat Etnis Tionghoa Indonesia Berbasis Multimedia Interaktif ,’” J. Sisfotek Glob., vol. 7, no. 1, 2017.

M. Rais and M. Riska, “Pembelajaran Interaktif Edu-Game Pengenalan Profesi Berbasis Android Pada Siswa Paud,” J. Psikol. Pendidik. dan Konseling J. Kaji. Psikol. Pendidik. dan Bimbing. Konseling, vol. 4, no. 1, p. 38, 2018, doi: 10.26858/jpkk.v4i1.3645.

H. S. Setiawan, “Analisis Dampak Pengaruh Game Mobile Terhadap Aktifitas Pergaulan Siswa Sdn Tanjung Barat 07 Jakarta,” Fakt. Exacta, vol. 11, no. 2, p. 146, 2018, doi: 10.30998/faktorexacta.v11i2.2338.

U. N. Pratama and H. Haryanto, “Pengembangan game edukasi berbasis android tentang domain teknologi pendidikan,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 167–184, 2018, doi: 10.21831/jitp.v4i2.12827.

J. Kuswanto et al., “Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII,” Innov. J. Curric. Educ. Technol. IJCET, vol. 6, no. 2, pp. 58–64, 2017.

E. Ismanto, M. Novalia, and P. B. Herlandy, “Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Sma Negeri 2,” J. Untuk Mu negeRI, vol. 1, no. 1, pp. 42–47, 2017.

A. Andrizal and A. Arif, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 17, no. 2, pp. 1–10, 2017, doi: 10.24036/invotek.v17i2.75.

P. Bobik, M. J. Boschini, M. Gervasi, D. Grandi, K. Kudela, and P. G. Rancoita, “Primary helium cr inside the magnetosphere: A transmission function study,” Astroparticle, Part. Sp. Physics, Detect. Med. Phys. Appl. - Proc. 9th Conf., pp. 909–916, 2006, doi: 10.1142/9789812773678_0145.

M. D. Susanti and K. Utara, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Tk,” Pemanfaat. Media Pembelajaran Terhadap Motiv. Belajar Anak Tk, vol. 4, no. 2, pp. 646–650, 2015, doi: 10.21831/jpa.v4i2.12358.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/ajcsr.v2i2.288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Academic Journal of Computer Science Research

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@global.ac.id

INDEXED BY:

   


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/AJCSR/index.