Penggunaan Teknologi Digital Dalam Mendukung Pembelajaran Anak Usia Dini

Siti Maisaroh, Rhafael Bijaksana, Muhammad Ikmal Akbar, Argin Fiorenza, Ujang Sutisna

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di Taman Belajar Anak – Cirarab dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini melalui pemanfaatan teknologi digital. Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah rendahnya pemahaman anak-anak terhadap huruf, angka, warna, bentuk dasar, serta pengenalan hewan dan habitatnya, yang disebabkan keterbatasan media pembelajaran tradisional. Metode yang digunakan meliputi ceramah interaktif, praktik langsung, presentasi multimedia dengan animasi dan suara, serta permainan edukatif, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anak-anak mampu mengikuti setiap tahapan pembelajaran dengan antusias, memahami materi yang diajarkan, serta mampu mempraktikkan pengetahuan yang diperoleh. Selain itu, keterlibatan aktif siswa dalam sesi tanya jawab dan permainan edukatif membuktikan adanya peningkatan motivasi dan pemahaman. Dengan demikian, program PKM ini berhasil memberikan kontribusi nyata dalam mendukung proses pembelajaran yang lebih modern, interaktif, dan relevan dengan perkembangan teknologi.

Full Text:

PDF

References


Haditia, M., Sinaga, M. N. A., Soepriyanto, Y., Purnomo, P., & Ma’ruf, R. A. (2024). Perbandingan Efektivitas Metode Pembelajaran Tradisional dan Digital dalam Peningkatan Kompetensi Mengaji di Sekolah Lembaga Kompetensi Mengaji. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6447–6453. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5198

Haryono, P., Judijanto, L., Maidartati, M., Heriani, D., & Aryanti, N. (2024). Dasar-Dasar Pendidikan Usia Dini: Konsep, Teori & Perkembangan. PT. Green Pustaka Indonesia.

Hasnawiyah, H., & Maslena, M. (2024). Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Sains Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 167–172. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p167-172

Khoirunisa, A., Sunarya, E. A., Riskyta, D., Rahma, D. N., & Nisa, A. (2024). Pemanfaatan Learning Gamification Management System Guna Pembelajaran Interaktif Tingkat Sekolah Dasar pada Yayasan Rumah Tawon. Jurnal Pengabdian Global, 3(2), 26–30. https://doi.org/10.38101/jpeg.v3i2.15685

Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi Pendidikan Sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran Di Indonesia Lebih Maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53. https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6390

Nurhayati, N., Sudamara, N., Amrullah, A., & Durrotunnisa, D. (2024). Pengembangan Pengenalan Nilai Keagamaan dan Akhlak pada Masa Golden Age: Melibatkan Kegiatan Bernyanyi Religi dalam Pembelajaran Anak. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 9(1), 33–49. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/jpeg.v4i2.16004

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.38101/jpeg.v4i2.16004.g814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENGABDIAN GLOBAL (JPEG)

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@global.ac.id

INDEXED BY:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/JPEG.