Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak di Panti Asuhan LKSA Al-Izan’ni

Detin Sofia, Muhamad Saepudin, Nur Hafidzah Safitri, Refa Maulana Abdillah, Sandy Suryantiko

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan rendahnya minat belajar anak-anak di Panti Asuhan LKSA Al-Izan’ni, yang dipengaruhi oleh keterbatasan metode pembelajaran, minimnya pemanfaatan teknologi interaktif, serta kurangnya keterampilan pengasuh dalam menggunakan aplikasi digital. Solusi yang ditawarkan berupa pelatihan penggunaan aplikasi pembelajaran interaktif, pendampingan, serta evaluasi implementasi dalam proses belajar. Metode pelaksanaan meliputi tahap persiapan, pelatihan pengasuh, implementasi aplikasi, hingga monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan minat belajar anak-anak melalui penggunaan aplikasi seperti Duolingo dan Quizizz yang dikombinasikan dengan metode gamifikasi, kuis, dan video edukasi. Selain itu, keterampilan pengasuh dalam mendukung pembelajaran interaktif juga meningkat sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik, menyenangkan, dan efektif. Dengan demikian, program ini berhasil memberikan kontribusi nyata dalam mendukung kualitas pendidikan anak-anak di Panti Asuhan LKSA Al-Izan’ni.

Full Text:

PDF

References


Ali, A., Dea Venica, S., Aini, W., & Faisal Hidayat, A. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Information System and Education Development, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.62386/jised.v3i1.115

Carolina, Y. Dela. (2022). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448

Fadli, R., Hidayati, S., Cholifah, M., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Validitas dan Reliabilitas pada Penelitian Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Product Moment. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1734–1739. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1419

Fahrurrazi, F., & Jayawardaya, S. S. P. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Melalui Metode Pembelajaran Interaktif. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(3), 101–110. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.776

Hakim, M. (2025). ANALISIS SWOT DAN TUJUAN ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL DI MTS NAHDLATUL ATHFAL. Guruku: Jurnal PTK Dan Pendidikan, 01(01), 9–15.

Ningtyas, R. R., Rosila, I., & Kamal, R. (2024). Media Digital dan Interaktif: Metodologi Pendidikan Interaktif Berbasis Platform Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(4), 188–202. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i4.4645

Ramdhan, S., Putra, G. A. I. A., Saeful, A., Nugraha, A. F., Mucharrom, A. I., & Habibie, M. F. S. (2023). PENGENALAN ILMU MULTIMEDIA ( DESAIN GRAFIS , FOTOGRAFI DAN VIDEOGRAFI ) KEPADA MASYARAKAT , SEBAGAI BENTUK PEMANFAATAN GADGET DI ERA DIGITAL. Jurnal Pengabdian Global, 2(2), 42–47.

Widiastuti, N. I., & Setiawan, I. (2012). MEMBANGUN GAME EDUKASI SEJARAH WALISONGO Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ). Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 41–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/jpeg.v4i2.16005

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.38101/jpeg.v4i2.16005.g815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENGABDIAN GLOBAL (JPEG)

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@global.ac.id

INDEXED BY:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/JPEG.