Pengaruh Promosi Online dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Sistem E-Commerce Shopee

Dedi Dedi, Refi Nabillah Royadi, Siti Rosadah

Abstract


Fenomena belanja online di Indonesia terus berkembang pesat, salah satu contoh sukses dari platform e-commerce di Indonesia adalah Shopee. Beberapa promosi sering kali tidak sesuai dengan ekspektasi konsumen, seperti syarat minimal belanja yang tidak jelas, yang menyebabkan ketidakpuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi online dan harga produk terhadap keputusan pembelian di e-commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari masing-masing variabel penelitian memiliki pengaruh yang signifikan, hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis uji F dimana Hasil dari variabel X1 sebesar 0,002, X2 sebesar 0,000. Dari hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa promosi online, dan harga produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Keywords


Promosi Online, Harga Produk, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Z. Hakim, A. Rochman, O. Hasoloan, S. Informasi, I. Teknologi, and B. Sarana, “Sistem Pelayanan Perbaikan Mesin Produksi Berbasis Web Pada PT XYZ,” vol. 6, no. 2, pp. 112–117, 2024.

A. Fadilah, & Refi, and N. Royadi, “Peran Teknologi Dalam Pencatatan Informasi Keuangan Perusahaan,” vol. 1, no. 1, pp. 11–21, 2024.

D. Dedi, S. Sutarman, and N. Septiyani, “Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Web Pada Toko Indonesia Okubo Jepang,” Academic Journal of Computer Science Research, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2020, doi: 10.38101/ajcsr.v2i1.260.

B. Susetyo and N. Cahyadi, “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Keamanan Transaksi Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Untuk Membeli Sebagai Variable Intervening,” Innovative: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 3, pp. 6342–6356, 2023, doi: 10.31004/innovative.v3i3.2806.

Riki, H. Kremer, Suratman, V. A. A. Ciptoputra, and Hazriyanto, “Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Peranan Sebagai Sarana Komunikasi Dan Promosi Produk,” Jurnal Cafetaria, vol. 4, no. 1, pp. 98–105, 2023.

A. R. Renaningtyas, A. D. Wahyuni, and L. Oktarina, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Konsumen : Promosi , Harga Dan Produk,” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, vol. 3, no. 5, pp. 522–529, 2022.

N. Amalia, “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan),” Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 96–104, 2019, doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6688.

W. Larika and S. Ekowati, “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo,” Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), vol. 1, no. 1, pp. 128–136, 2020.

Julianti and Y. Aini, “Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online Marketplace (Studi Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian),” no. 2, 2022.

N. Widodo and A. Jaelani, “Pengaruh Prestasi Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Promosi Jabatan ( Studi Kasus Pada Toyota Auto 2000 Cab . Kramat Jati ) Pengaruh Prestasi Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Promosi Jabatan ( Studi Kasus Pada Toyota Auto 2000 Cab . Kramat Jati ),” 2023.

Soedianto, “Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Produk Beserta Peramalan Penjualannya (Studi Kasus Pada PT. Askotama Inti Nusantara),” pp. 85–94, 2021.

E. S. Wardani, “Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan,” Universitas Stuttgart, pp. 1–11, 2021.

M. M. Zagoto, N. Yarni, and O. Dakhi, “Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, vol. 2, no. 2, pp. 259–265, 2019, doi: 10.31004/jrpp.v2i2.481.

E. Julita, I. B, and H. Yustati, “Pengaruh Penggunaan Shopee Paylatter Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 8, no. 3, p. 2953, 2022, doi: 10.29040/jiei.v8i3.6775.

N. Almumtazah, N. Azizah, Y. L. Putri, and D. C. R. Novitasari, “Prediksi Jumlah Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Regresi Linier Sederhana,” Jurnal Ilmiah Matematika Dan Terapan, vol. 18, no. 1, pp. 31–40, 2021, doi: 10.22487/2540766x.2021.v18.i1.15465.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/jtbg.v4i2.15726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL TREN BISNIS GLOBAL

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@stmikglobal.ac.id

INDEXED BY:

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/sjtbg/index.