Media Pembelajaran Interaktif Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna Untuk Sekolah Dasar

Kresna Yusuf, Aditya Putra Perdana, Jarudin Jarudin, Mila Amri

Abstract


Pemanfaatan media interaktif sebagai media pembelajaran tentang metamorfosis sempurna dan tidak sempurna bertujuan sebagai alat bantu dalam proses belajar dan mengajar alternatif antara guru dan siswa dengan cara memvisualisasikan objek 3D secara realtime. Media interaktif pengenalan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna ini berbentuk video interaktif dengan mengacu materi dalam buku IPA Sekolah Dasar kelas IV (Empat). Metode yang digunakan untuk membangun sebuah media interaktif ini adalah metode pengembangan perangkat lunak model prototype. Pengumpulan data menggunakan metode kualitatif dengan cara melakukan observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Hasil penelitian ini yaitu, media interaktif yang dibuat penulis berbentuk video interaktif memperlihatkan wujud atau bentuk dari tahapan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Berdasarkan hasil pengujian, dengan jumlah 20 responden tercatat 80,3% dengan demikian media interaktif ini menjadi salah satu kategori media pembelajaran yang efektif dan menarik untuk pembelajaran serta mengasah kemampuan siswa dalam memahami materi metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

Full Text:

PDF

References


L. Puspitawati, A. Nurhasanah, and A. S. Khaerunnisa, “Utilization of Communication Technology for Business,” Int. J. InformaticsInformation Syst. Comput. Eng., vol. 2(1), pp. 47–54, 2021.

R. Pakpahan and Y. Fitriani, “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19,”

J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Researh, vol. 4 No.2, pp. 30–36, 2020.

R. E. Pratama and S. Mulyati, “Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19,” Gagasan Pendidik. Indones., vol. 1, no. No.2, pp. 49–59, 2020.

Cathy Mae Toquero, “Challenges and Opportunities for Higher Education amid the COVID19 Pandemic: The Philippine Context,”

I Wayan Cong Sujana, “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia,” J. Pendidik. Dasar, vol. Volume. 4, p. 11, 2019.

D. Cucinotta and Maurizio Vanelli, “WHO declares COVID-19 a pandemic,” Acta Biomed Medica, vol. 91(1), no. Atenei Parmensis, pp. 157– 160., 2020.

D. R. A. U. Khasanah, “Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19,” Sinestesia, vol. 10, no. No. 1, p. 8, 2020.

Y. M. Jamun, “Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan,” J. Pendidik. dan Kebud. Missi, vol. 10, no. No 1, pp. 1–136, 2018.

S. Maesaroh, A. Sirumapea, and C. Setiaji, “Pembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan Menggunakan Bahasa Inggris Pada Siswa SD Kelas 3 Berbasis Android,” SISFOTEK Glob., vol. 6, no. No.1, pp. 69–74, 2016.

Mohammad Bani Younes and Samer Al-Zoubi, “The Impact of Technologies on Society: A Review,” J. Humanit. Soc. Sci., vol. 20, no. 2, Ver. V, pp. 82–86, 2015.

David Kristian Lado and Melati Rosanensi, “Media Pembelajaran Pengenalan Metamorfosis Sempurna Dan Tidak Sempurna Menggunakan Augmented Reality,” Desain Vis. Dan Komun., vol. 02 No. 1, pp. 1–10, 2020.

L. Sukariasih, E. Erniwati, and A. Salim, “Development of Interactive Multimedia on Science Learning Based Adobe Flash CS6,” Educ. Vocat. Stud., vol. 1, no. No. 4, pp. 322–329, 2019.

Impronah and H. H. Batubara, “Pengembangan Media Video Animasi Zepeto untuk Materi Metamorfosis Kupu-Kupu untuk SD/MI,” EduBase

J. Basic Educ., vol. 2 Nomor2, pp. 88–100, 2021.

V. Herawati, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Media ‘Rumah Eksis’ di Sekolah Dasar,” Res. &LearninginElementary Educ., vol. 6, no. No.1, p. 9, 2022.

R. Tullah, S. Ramdhan, and S. Mubarok, “Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Belajar Bersuci Untuk Siswa Paud Al-Mubarok,” SISFOTEK Glob., vol. 8, no. No.1, pp. 110–114, 2018.

R. Karisma, M. Mudzanatun, and P. Arisyanto, “Pengembangan Media Audio Visual untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 7 Subtema 2,” Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 3, no. No.3, pp. 216-222., 2019.

W. AUDIN and F. ISTIANAH, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Materi Daur Hidup Dan Metamorfosis Untuk Siswa Kelas Iv Sdn Pucang 4 Sidoarjo,” Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. Vol 6, no. No 7, p. 7, 2018.

M. F. Fauzi and T. S. Wibowo, “Perancangan Video Animasi 2d ‘Metamorfosis Katak’menggunakanteknik Motion Graphic Sebagai Media Pembelajaran,” Inf. Syst. J., vol. 4, no. No 2, p. 7, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/jtopikglobal.v3i1.15525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL TOPIK GLOBAL

Organized by: LPPM Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@global.ac.id

INDEXED BY:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/JTOPIKGLOBAL.