Implementasi Game Android Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia

Hery Kristianto, Ahmad Heru Mujianto

Abstract


Bahasa Indonesia pelajaran wajib yang diajarkan, akan tetapi minat siswa Sekolah Dasar terhadap pelajaran ini cenderung rendah. Faktor penyebab diantaranya adalah media pembelajaran yang inovatif serta dampak negatif dari penggunaan teknologi mobile yang tidak tepat. Tujuan penelitian adalah membangun dan implementasi media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis game kepada para siswa Sekolah Dasar. Aplikasi ini dirancang untuk membuat pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan memudahkan pemahaman materi. Metode penyelesaian dalam penelitian menerapkan model Game Development Life Cycle (GDLC), yang diawali dengan pengumpulan data melalui survei SD di Jombang. Survei ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi pembelajaran Bahasa Indonesia serta cara belajar siswa. Data yang diperoleh digunakan sebagai dasar perumusan masalah. Tahapan selanjutnya adalah studi literatur, Kemudian dilakukan analisis data dan kebutuhan untuk merancang aplikasi mobile. Pada tahap akhir, aplikasi diuji dan diimplementasikan langsung di Sekolah Dasar di Jombang. Hasil implementasi memperlihatkan bahwa game mampu dioperasikan dengan baik, dengan tingkat kepuasan mencapai 100%.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.38101/ajcsr.v7i2.15902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Academic Journal of Computer Science Research

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@global.ac.id

INDEXED BY:

   


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/AJCSR/index.