Pengenalan Edukasi Bahasa Inggris dengan Karakter Pancasila Berbasiskan Game di SMP Al-Ijtihad 2 Kutabaru

Eka Uliyanti Putri Br Bangun, Rizky Wahyu Satrio, Muhammad Fathan M.F., Muhammad Alfarizi, Akmal Perdana

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa SMP AL-Ijtihad 2 Kutabaru dalam pembelajaran Bahasa Inggris melalui pengenalan dan pembuatan game edukasi berbasis karakter Pancasila. Program dilaksanakan pada tanggal 25, 28, dan 29 Maret 2024 dengan metode presentasi, demonstrasi, praktik, serta sesi tanya jawab. Materi yang diberikan meliputi pengenalan game edukasi, narrative text, dan penggunaan perangkat lunak RPG Maker. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan antusiasme dan partisipasi siswa, meskipun masih ditemukan kendala seperti kurangnya pemahaman pada materi narrative text dan keterbatasan fasilitas pembelajaran. Kegiatan ini berhasil memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan, serta memotivasi siswa untuk mengembangkan kreativitas melalui media teknologi. Ke depan, diperlukan peningkatan sarana pendukung dan strategi penyampaian materi yang lebih variatif untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Himawati, U., Shofiyuddin, M., Zulfahmi, M. N., Attalina, S. N. C., Ulumuddin, I. K., Amal, T. A., Aziza, N., & Salma, S. (2024). Pendampingan Implementasi Manajemen Pembelajaran Berbasis Online Role-Playing Game di SMP Negeri 2 Kaliwungu Kudus. Indonesian Journal of Community Services, 6(1), 66. https://doi.org/10.30659/ijocs.6.1.66-73

Indriani, L., Bunga Lathifa, D., & Sari, M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Ular Tangga Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Penelitian Nusantara, 1, 714–717. https://padangjurnal.web.id/index.php/menulis/article/view/406/407

Jumalia, J., Hariadi, F., & Talakua, A. C. (2023). Pengenalan Game Edukasi untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kosa Kata Benda dalam Bahasa Inggris. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 78–84. https://doi.org/10.37478/mahajana.v4i2.2685

Maisaroh, S. (2023). Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Yatim Dan Dhuafa Nurul Huda. Jurnal Pengabdian Global, 2(2), 48–53. https://journal.global.ac.id/index.php/JPEG/article/view/9697

Mardani, A. P., Mawardi, T. C., Hanafri, M. I., & Br Bangun, E. U. P. (2025). Efektivitas Game RPG Maker MV dalam Edukasi Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer, 21(2), 732–743.

Mongi, L. S., Lumenta, A. S. M., & Sambul, A. M. (2018). Rancang Bangun Game Adventure of Unsrat Menggunakan Game Engine Unity. Jurnal Teknik Informatika, 13(1). https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20191

Rahmanto, Y., Yulianti, T., Gunawan, R. D., & Santoso, A. (2023). Penerapan Teknologi Game Edukasi dengan Pendekatan Diferensiasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SDN 4 Merak Batin. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ, 1–6. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Ridoi, M. (2018). Cara mudah membuat game edukasi dengan Construct 2: tutorial sederhana Construct 2. Maskha.

Sampoerna, S. T., Rahardja, U., Mardiana, Devana, V. T., & Lestari

Santoso, N. P. (2022). Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran iLearning 2.0 Sebagai Pengabdian Masyarakat Terhadap Pendidikan Tinggi. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 46–55. https://doi.org/10.34306/adimas.v2i2.567

Saputri, F. H., & Pratiwi, D. (2018). Pembuatan Game RPG “Roro Jonggrang” Dengan RPG Maker MV. Seminar Nasional Cendekiawan, 9.1-9.9.

Setiadi, T., & Darnis, F. (2023). Implementasi Game RPG Sebagai Media Edukasi Keterampilan Kewirausahaan Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi Informasi Dan Terapan, 10(1), 51–57. https://doi.org/10.25047/jtit.v10i1.318

Subroto, D. E., Nabilah, H., Wahyuni, I. E., & Mulyati, M. (2024). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Game Edukasi Berbasis Teknologi Pada Siswa SMP IT Bina Bangsa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 3(1), 40–48. https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v3i1.363




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/jpeg.v4i2.16010

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.38101/jpeg.v4i2.16010.g817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENGABDIAN GLOBAL (JPEG)

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@global.ac.id

INDEXED BY:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/JPEG.