Pengaruh Promosi dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi KlikIndomaret

Abdul Karim, Moh Rizqy Umar, Marizka Anindya Putri

Abstract


Di era digital yang terus berkembang, aplikasi belanja online menjadi pilihan utama bagi konsumen. Indomaret, sebagai salah satu peritel terbesar di Indonesia, telah meluncurkan aplikasi Klik Indomaret untuk memenuhi kebutuhan belanja online. Klik Indomaret berupaya menarik perhatian konsumen melalui berbagai strategi promosi dan peningkatan kemudahan transaksi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner dari 78 responden pengguna aplikasi Klik Indomaret. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan kemudahan transaksi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Promosi menarik, seperti diskon dan penawaran khusus, terbukti meningkatkan minat beli konsumen. Selain itu, kemudahan dalam proses pembayaran dan pengiriman juga berperan penting dalam meningkatkan keputusan pembelian. Temuan ini memberikan saran bagi pengelola Klik Indomaret untuk terus meningkatkan strategi promosi dan memperbaiki fitur guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Keywords


E-Commerce, Promosi, Kemudahan Transaksi, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Dedi, Sutarman, and N. Septiyani, “Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Web Pada Toko Indonesia Okubo Jepang,” AJCSR (Academic J. Comput. Sci. Res., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2020, doi: http://dx.doi.org/10.38101/ajcsr.v2i1.260.

B. Susetyo and N. Cahyadi, “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Keamanan Transaksi Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Untuk Membeli Sebagai Variable Intervening,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 3, pp. 6342–6356, 2023, doi: 10.31004/innovative.v3i3.2806.

D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi,” J. Common, vol. 3, no. 1, pp. 71–80, 2019, doi: 10.34010/common.v3i1.1950.

W. Larika and S. Ekowati, “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo,” J. Manaj. Modal Insa. Dan Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 128–136, 2020.

W. R. Adhitya and A. Fauziah, “Pengaruh Kemudahan Transaksi, Keamanan Transaksi, Dan Kualitas Pelayanan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Potensi Utama),” MAKREJUManajemen Kreat. J., vol. 1, no. 1, pp. 178–189, 2023.

D. Dedi, S. Sutarman, and N. Septiyani, “Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Web Pada Toko Indonesia Okubo Jepang,” Acad. J. Comput. Sci. Res., vol. 2, no. 1, 2020.

A. Wirapraja and H. Aribowo, “Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis,” Teknika, vol. 7, no. 1, pp. 66–72, 2018, doi: 10.34148/teknika.v7i1.86.

C. S. D. Kusuma et al., “E-Commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital,” in Eureka Media Aksara, Kabupaten Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2021. [Online]. Available: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

E. Yuliawan, H. Siagian, and L. Willis, “Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualias Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Zalora Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan),” Optim. J. Ekon. dan Kewirausahaan, vol. 12, no. 1, pp. 34–49, 2018.

B. Adityo and I. Khasanah, “ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ON LINE DI SITUS KASKUS,” Univ. Diponegoro, 2011.

G. T. Hariyadi, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN BERBELANJA DI MINIMARKET (Studi pada Indomaret dan Alfamart di Semarang),” J. Penelitan Ekon. dan Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 16–32, 2017, doi: 10.33633/jpeb.v1i1.1475.

N. Widodo and A. Jaelani, “Pengaruh Prestasi Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Promosi Jabatan (Studi Kasus Pada Toyota Auto 2000 Cab. Kramat Jati),” ADI Bisnis Digit. Interdisiplin J., vol. 4, no. 1, pp. 126–130, 2023, doi: 10.34306/abdi.v4i1.887.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D, 2nd ed. Bandung: Alfabeta, 2019.

P. A. Panchadria, F. Ferawati, S. Santoso, and E. Rahayu, “Toko Sembako Terintegrasi Payment Gateway Midtrans Berbasis Android,” J. Tren Bisnis Glob., vol. 2, no. 2, p. 63, 2022, doi: 10.38101/jtbg.v2i2.578.

Dewi Wulansari, “Pengaruh Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada E-Commerce Shopee,” J. Manaj. Dan Bisnis Ekon., vol. 1, no. 1, pp. 78–89, 2023, doi: 10.54066/jmbe-itb.v1i1.60.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/jtbg.v5i1.15878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL TREN BISNIS GLOBAL

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@stmikglobal.ac.id

INDEXED BY:

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/sjtbg/index.