Analisis Implementasi Strategi E-commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

Nur Rahmawati, Eska Almuntaha, Nurul Aisah, Fika Hidayati

Abstract


Kemajuan teknologi informasi yang didukung oleh infrastruktur dan regulasi yang memadai memudahkan UMKM melakukan bisnis berbasis digital. Strategi e-commerce menjadi kunci keberhasilan pengembangan bisnis berbasis digital. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian untuk menganalisis implementasi strategi e-commerce dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Sumber data yang dipergunakan adalah data primer dari hasil wawancara dan data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) serta artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan E-commerce menunjukkan angka yang signifikan dan memberikan dampak positif dalam peningkatan daya saing UMKM seperti peningkatan omset penjualan, akses pasar menjadi lebih luas, kemudahan trasaksi, dan efisiensi biaya operasional. Akan tetapi, UMKM menghadapi tantangan dalam pengembangan e-commerce karena keterbatasan modal, kurangnya pelatihan, dan keterbatasan infrastruktur internet.

Keywords


Daya saing, Strategi E-commerce, UMKM

Full Text:

PDF

References


F. A. Radianti and M. Nawawi, "Penerapan E-commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha di Era Pandemi Covid-19," Jurnal Sosial Humaniora Terapan, vol. 4, no. 2, p. 94–102, 2022.

Solechan, R. A. Wulandari and I. Akmala, "Transformasi Digital pada UMKM untuk Meningkatkan Daya Saing," Jurnal Lentera Bisnis, vol. 12, no. 1, p. 41–52, 2023.

N. D. Rahmawati, "Analisis dan Rekomendasi Strategi E-commerce pada UKM Batik Sokaraja," Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, vol. 22, no. 1, p. 34–42, 2022.

A. H. Prasetyo and R. P. Nugroho, "Implementasi Strategi E-commerce dalam Perencanaan Bisnis Digital," Jurnal Manajemen dan Bisnis Digital, vol. 5, no. 1, p. 15–25, 2023.

J. Thompson, A. Strickland and E. Gamble, Crafting and Executing Strategy, Sixteenth Edition ed., New York: McGraw-Hill/Irwin, Inc., 2014.

M. E. Porter, Competitive Advantage: Creating and Sustaining, New York: The Free Press, 1985.

N. Rahmawati and P. Krisna, "Competitive Strategy Analysis for Digital Products on Kompas Daily," Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 13, pp. 84-90, 2023.

M. E. Porter, Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors, New York: The Free Press, 1980.

S. Adiningsih, "Riset Struktur Pasar Ekonomi Digital," White Paper Februari 2021, 2021.

A. Ahdiat, "5-E-commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023," 2023.

L. Safina, H. Salsabila, N. Ammarullah, S. Marpaung, R. Nugroho and M. Ikaningtyas, "Implementasi Strategi E-commerce dalam Perencanaan Bisnis Digital," Merdeka: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 1, pp. 60-68, 2024.

R. E. Indrajit, Electronic Commerce Strategi dan Konsep Bisnis Di Dunia Maya, Jakarta: APTIKOM, 2002.

D. M. Haryanti, "Mengenal Karakteristik, Kriteria, Bidang Usaha, dan Peran UMKM Bagi Perekonomian Indonesia, Pembahasan Lengkap," 2022.

BPS, "Statistik E-commerce 2022/2023," 9 2023.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: PT Alfabet, 2016.

D. Cooper and P. Schindler, Business Research Methods, New York: McGraw-Hill, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/jtbg.v5i2.15915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL TREN BISNIS GLOBAL

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@stmikglobal.ac.id

INDEXED BY:

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/sjtbg/index.