Model Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web untuk Optimalisasi Brand Vetto

Ahmad Arifin, Achmad Sidik, Amalia DA

Abstract


Penelitian ini membahas tantangan yang dihadapi PT Surya Teguh Jaya dalam mengelola brand Vetto Indonesia, terutama dalam hal promosi, pelayanan garansi, dan pemasaran yang kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis web untuk meningkatkan pengenalan brand, memperbaiki hubungan pelanggan, dan mengoptimalkan proses klaim garansi. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem adalah Perancangan Berorientasi Objek, dengan menggunakan diagram UML seperti Use Case, Activity, Sequence, dan Class Diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem CRM berbasis web dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperbaiki pelayanan pelanggan, dan memperkuat pengenalan brand Vetto. Kesimpulannya, implementasi sistem ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan bisnis dan memperkuat posisi Vetto di pasar.

Keywords


Customer Relationship Management (CRM), Perancangan, Peningkatan Merek, Unified Modelling Language (UML), Web.

Full Text:

PDF

References


R. Yusuf, S. Muharni, and R. Hasbid, “Penerapan Waterfall Model Pada Perancangan Sistem Pelayanan Dan Informasi Dengan Pendekatan Ooad Menggunakan Uml,” Int. Res. Big-Data Comput. Technol. I-Robot, vol. 5, no. 1, pp. 1–6, 2021, doi: 10.53514/ir.v5i1.176.

M. Cholisatur Rizaq and F. Nur Alisha, “Perancangan Brand Identity UMKM Sekar Mulya Sebagai Media Pengenalan Identitas dan Citra Produk,” J. Ilmu Komput. dan Desain Komun. Vis., vol. 6, no. 2, p. 1, 2021.

M. F. Amaanilah, PERANCANGAN WEBSITE COMPANY PROFILE DI PT. RAJAWALI TEKINDO LAPORAN KERJA PRAKTEK Disusun oleh. 2021.

A. P. H. Tampubolon, E. Rajagukguk, and A. Gea, “Penerapan Customer Relationship Management ( Crm ) Pada Toko Urban Traffic Berbasis Web,” J. Ilm. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 18–27, 2022.

A. Rochman, T. Triono, and B. A. C. Wibowo, “Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web Studi Kasus Iser Raya Mebel,” Acad. J. Comput. Sci. Res., vol. 3, no. 2, pp. 9–14, 2021, doi: 10.38101/ajcsr.v3i2.371.

A. M. Ariska, N. Irawati, and A. Muhazir, “Penerapan Elektronik Customer Relationship Management (E-CRM) Dalam Penjualan Roti Berbasis Web,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 2, p. 1090, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.4002.

R. S. Anwar, S. Ikhwan, and N. Khojin, “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Kedai Kopi He Kafei),” AURELIA J. Penelit. dan Pengabdi. Masy. Indones., vol. 1, no. 1, pp. 88–95, 2022, doi: 10.57235/aurelia.v1i1.34.

D. S. Rahma and A. Voutama, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Pada Penjualan Produk Pertanian Berbasis Web,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 6, no. 2, p. 570, 2023, doi: 10.53513/jsk.v6i2.8257.

A. Sidik, N. Nurmaesah, and Y. Carsoyo, “Sistem Rekomendasi Wisata Kuliner di BSD untuk Menaikan Rating Penjualan dengan Metode Item – Based Collaborative Filtering,” Acad. J. Comput. Sci. Res., vol. 5, no. 1, p. 26, 2023, doi: 10.38101/ajcsr.v5i1.605.

T. Triono, Z. Hakim, and G. Trinusagama, “Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Import Cargo Pada PT Yusen Logistics Indonesia,” Acad. J. Comput. Sci. Res., vol. 4, no. 1, pp. 54–61, 2022, doi: 10.38101/ajcsr.v4i1.440.

R. A. Oetario Putro, A. R. Mariana, and W. Saputra, “Analisis dan Perancangan Sistem Manajemen Pengetahuan Berbasis Mobile untuk Pegawai di PT Pelangi Indo Jaya,” Acad. J. Comput. Sci. Res., vol. 4, no. 2, pp. 33–41, 2022, doi: 10.38101/ajcsr.v4i2.531.

M. Purnasari, Y. Hartiwi, and N. Nurhayati, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Dana Masjid Berbasis Web Menggunakan Unified Modeling Language (UML),” Resolusi Rekayasa Tek. Inform. dan Inf., vol. 2, no. 6, pp. 258–264, 2022, doi: 10.30865/resolusi.v2i6.416.

E. M. AYU, . ADIYANTO, and M. ASBARI, “Rancang Bangun Sistem Informasi Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Web Pada Ifa Interior,” Insa. Pembang. Sist. Inf. dan Komput., vol. 9, no. 2, pp. 62–71, 2022, doi: 10.58217/ipsikom.v9i2.203.

A. F. Prasetya, Sintia, and U. L. D. Putri, “Perancangan Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language),” J. Ilm. Komput. Terap. dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 14–18, 2022.

A. Sidik, S. Rahayu, and F. F. Setiawan, “Sistem Informasi Hasil Target Produksi Berbasis Web Menggunakan Metode SDLC Studi Kasus PT Victory Chingluh Indonesia,” Acad. J. Comput. Sci. Res., vol. 4, no. 1, pp. 17–21, 2022, doi: 10.38101/ajcsr.v4i1.443.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/jtbg.v5i2.16091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL TREN BISNIS GLOBAL

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@stmikglobal.ac.id

INDEXED BY:

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/sjtbg/index.