Analisis Pengaruh Penggunaan Aplikasi GoFood dan GrabFood dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM

Refi Nabillah Royadi, Muhamad Ali Sukrajap, Sinta Mustika

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia memiliki kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional, namun kerap kali dihadapkan pada tantangan strategis dalam hal pemasaran produk dan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh signifikan dari platform online food delivery GoFood dan GrabFood terhadap peningkatan penjualan produk UMKM di Kecamatan Pasarkemis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, melibatkan 65 UMKM yang menggunakan kedua aplikasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan GoFood memiliki pengaruh signifikan terhadap penjualan, dengan t Hitung 1,698 > 1,671. Sebaliknya, GrabFood tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap penjualan, dengan t Hitung 0,218 < 1,671. Namun, GoFood dan GrabFood secara bersama-sama menunjukkan pengaruh signifikan terhadap penjualan, terbukti dengan f Hitung 14,167 > 3,145. Hasil ini sejalan dengan wawancara yang mengindikasikan bahwa GoFood berpengaruh signifikan, sementara GrabFood kurang signifikan secara individual, tetapi kombinasi keduanya efektif meningkatkan penjualan. Kesimpulan yang didapat, UMKM harus memanfaatkan dua atau lebih platform online food delivery untuk meningkatkan penjualan, serta melakukan promosi pada setiap toko online mereka, karena konsumen lebih tertarik membeli produk yang menawarkan promo atau diskon.

Keywords


UMKM, GoFood, GrabFood, Penjualan, Kecamatan Pasarkemis

Full Text:

PDF

References


Dedi, Sutarman, and N. Septiyani, “Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Web Pada Toko Indonesia Okubo Jepang,” AJCSR (Academic J. Comput. Sci. Res., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2020, doi: http://dx.doi.org/10.38101/ajcsr.v2i1.260.

Ari Dwi P, “Indonesia Juara UMKM ASEAN,” RRI.

S. Rahayu, I. Suwandi, and M. Heaven, “Peran Akuntansi Pada Pengambilan Keputusan Manajemen Operasional,” JOMASI J. Strateg. Manag. Bus. Res., vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2024.

Geti Media, “Jumlah Pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang Mencapai 59.317 pada Tahun Terbaru,” Geti Media, Sep. 2023.

R. A. Rifani, “Implementasi Layanan Food Delivery bagi Penjualan UMKM Makanan dan Minuman di Kota Parepare,” YUME J. Manag., vol. 5, no. 3, pp. 486–491, 2022, doi: 10.2568/yum.v5i3.6587.

A. D. Cahya, M. F., D. Martha, and S. Prasetianto, “Analisis layanan go-food dalam meningkatkan penjualan pada kuliner di yogyakarta Analysis of go-food services in increasing sales of culinary in Yogyakarta,” J. Manaj., vol. 13, no. 2, pp. 264–272, 2021.

A. S. Sukardi and I. A. Rahmawati, “Analisa pengaruh Go-Food terhadap penjualan UMKM di Universitas Muhammadiyah Surakarta,” J. Econ. Res. Policy Stud., vol. 2, no. 3, pp. 172–182, 2022, doi: 10.53088/jerps.v2i3.268.

T. Salsabilla and O. M. Siregar, “Analisis Penjualan Online Melalui Merchant Grab-Food Terhadap Peningkatan Omzet (Studi pada Foresthree Kota Baru, Kota Jambi),” J. Soc. Res., vol. 1, no. 7, pp. 751–760, 2022, doi: 10.55324/josr.v1i7.146.

N. Nurlinda, J. Sinuraya, A. Asmalidar, R. Hassan, and S. Supriyanto, “Use of online applications in maintaining msmes performance during the covid-19 pandemic,” Regist. J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 80–94, 2021, doi: 10.26594/register.v7i2.2223.

T. M. Kusuma and D. Hermawan, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Online Food Delivery Service,” J. Ekon. Manaj. Univ. Bina Sarana Inform., vol. 18, no. 2, pp. 176–180, 2020.

K. Jun, B. Yoon, S. Lee, and D. S. Lee, “Factors influencing customer decisions to use online food delivery service during the covid-19 pandemic,” Foods, vol. 11, no. 1, pp. 1–15, 2022, doi: 10.3390/foods11010064.

D. F. Suryadi and M. I. F. Ilyas, “Adopsi Online Food Delivery Service Bagi Wirausaha Pemula Di Kota Makassar,” Ilmu Adm. Akuntansi, Bisnis, Dan Hum., vol. 2018, pp. 75–80, 2018.

C. A. Putri, “Alasan Gojek & Grab Genjot Bisnis GoFood dan GrabFood TECH - Cantika Adinda Putri, CNBC Indo,” CNBC indonesia, Oct. 2019.

Erlina F. Santika, “Pelanggan dan Omzet UMKM Kuliner Meningkat dengan Delivery Online Dibanding Offline,” Databoks.

Z. Lubis, Statistika Terapan untuk Ilmu-Ilmu Sosial dan Ekonomi, 1st ed. Yogyakarta: ANDI, 2021.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D, 2nd ed. Bandung: Alfabeta, 2019.

I. M. D. M. Adnyana, “Populasi dan Sampel,” Metod. Penelit. Pendekatan Kuantitatif, vol. 14, no. 1, pp. 103–116, 2021.

R. Nugraha, P. Syawal Alfarisy, S. Rofiatu Amelia, and Sutarman, “Pengaruh Beasiswa KIP-Kuliah Terhadap Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa,” J. Strateg. Manag. Bus. Res., vol. 1, no. 1, pp. 22–30, 2024.

W. WARSITA, A. TAMARA, and M. AMRI, “Pengaruh Platform Online Travel Agent ( OTA ) Terhadap Keputusan Tamu dalam Melakukan Reservasi,” vol. 1, no. 1, pp. 31–37, 2024.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/jtbg.v5i1.15875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL TREN BISNIS GLOBAL

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@stmikglobal.ac.id

INDEXED BY:

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/sjtbg/index.