Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Web pada Desa Palasari Kecamatan Legok

Dedi Dedi, Rudi Setiyanto, Dhea Andrayani

Abstract


Desa Palasari merupakan salah satu desa dari 10 (sepuluh) desa yang ada di kecamatan Legok dan 246 desa di kabupaten Tangerang, di sekitar daerah Tangerang banyak masyarakatnya sebagai pelaku UMKM yang belum berkembang dalam pemasarannya. sebagian besar pelaku UMKM menjual hasil usahanya lewat toko-toko atau melalui pameran serta kegiatan perayaan budaya tertentu, pelaku UMKM umumnya adalah pelaku usaha yang memproduksi makanan khas daerah baik tradisional maupun modern. pemberdayaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) menjadi sangat strategis, Karena potensinya yang besar dalam menggerakan kegiatan ekonomi masyarakat, dan sekaligus menjadi tumpuan sumber pendapatan sebagian besar masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraanya. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu metode Object Oriented Analysis and Design (OOAD) melalui tahapan pembuatan Use case, pembuatan Activity Diagram, pembuatan Sequence diagram, Class Diagram. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah E-Commerce mampu meningkatkan daya saing produknya guna meningkatkan perkembangan teknologi yang lebih maju lagi. dan hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu UMKM untuk mempermudah proses pemasaran produknya.

Keywords


UMKM; e-commerce; penjualan; teknologi; produk

Full Text:

PDF

References


A. A. Effendy and D. Sunarsi, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan,” J. Ilm. MEA (Manajemen, Ekon. Akuntansi), vol. 4, no. 3, pp. 702–714, Sep. 2020.

M. Iqbal, R. Tullah, and M. Michael, “Perancangan Aplikasi Penjualan Berbasis Web Pada Usaha Kecil Menengah (UKM),” Acad. J. Comput. Sci. Res., vol. 4, no. 1, Jan. 2022, Accessed: Aug. 29, 2022. [Online]. Available: https://journal.global.ac.id/index.php/AJCSR/article/view/439

J. Administrasi Publik, “PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI FASILITASI PIHAK EKSTERNAL DAN POTENSI INTERNAL,” JAP), vol. 1, no. 6, 2020.

D. Dedi, S. Sutarman, and N. Septiyani, “Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Web Pada Toko Indonesia Okubo Jepang,” Acad. J. Comput. Sci. Res., vol. 2, no. 1, Jan. 2020, Accessed: Aug. 29, 2022. [Online]. Available: https://journal.global.ac.id/index.php/AJCSR/article/view/260

A. BAMBANG, “Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal, Atrabis Bisnis, Adm., vol. VOL 6, 2020.

N. Nurmaesah, R. Tullah, W. Aprilia, and D. Santya, “Informasi Penjualan pada UKM (Usaha Kecil Menengah) Tradisional dan Herbal Skincare Berbasis E-Commerce,” Acad. J. Comput. Sci. Res., vol. 3, no. 1, pp. 2721–3161, Jan. 2021, Accessed: Aug. 29, 2022. [Online]. Available: https://journal.global.ac.id/index.php/AJCSR/article/view/331

Mochamad Mas’ud, “Pemanfaatan Teknologi Sistem Informasi untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Produk UMKM Logam di Kota Pasuruan,” Engagem. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 185–197, 2020.

V. Juita, “Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Sektor Jasa Perdagangan Di Padang, Sumatera Barat,” J. Ris. Akunt. Terpadu, vol. 9, no. 1, pp. 120–139, 2020.

CHINTIA, S. ACHMAD, and R. ARNI, “Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Web Pada Konveksi,” AJCSR [Academic J. Comput. Sci. Res., vol. 1, no. 1, 2022.

A. Dwijayanti and P. Pramesti, “Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19,” Ikra-Ith Abdimas, vol. 4, no. 2, pp. 68–73, 2020, [Online]. Available: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/982/772

J. Sulaksono and N. Zakaria, “Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri,” Gener. J., vol. 4, no. 1, pp. 41–47, Mar. 2020, doi: 10.29407/GJ.V4I1.13906.

P. Studi et al., “Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik,” J. Ilmu Komun., vol. 10, no. 1, pp. 17–31, Apr. 2020, doi: 10.15642/JIK.2020.10.1.17-31.

R. Jannatin, M. W. Wardhana2, R. Haryanto, A. Pebriyanto, and P. N. Banjarmasin, “Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM,” J. IMPACT Implement. Action, vol. 2, no. 2, pp. 119–130, Aug. 2020, doi: 10.31961/IMPACT.V2I2.844.

D. Purwana, R. Rahmi, and S. Aditya, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit,” J. Pemberdaya. Masy. Madani, vol. 1, no. 1, pp. 1–17, May 2017, doi: 10.21009/JPMM.001.1.01.

D. J. Mandasari, J. Widodo, and S. Djaja, “STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BATIK MAGENDA TAMANAN KABUPATEN BONDOWOSO,” J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 13, no. 1, pp. 123–128, Apr. 2019, doi: 10.19184/JPE.V13I1.10432.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/jtbg.v3i1.6428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL TREN BISNIS GLOBAL

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@stmikglobal.ac.id

INDEXED BY:

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/sjtbg/index.