Implementasi E-commerce dengan Menggunakan Metode B2C (Business to Customer)

Dedi Dedi, Edy Tekat Bronto Waluyo, Elis Setiawati

Abstract


Pada bidang pemasaran, pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan oleh produsen. Kepuasan konsumen akan menciptakan loyalitas, sehingga akan memberikan manfaat untuk kelangsungan hidup perusahaan. CV Prima Teknik merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan Air Conditioner (AC) dan pelayanan jasa servis AC, instalasi, maintenance, repair, sparepart pada peralatan sistem refrigasi dan tata udara. Sistem pemasaran yang berjalan saat ini masih menggunakan brosur atau selembaran kertas sebagai media untuk memasarkan produk yang dijual. Jika konsumen mendapatkan masalah kerusakan AC maka konsumen bisa menghubungi  CV Prima Teknik melalui telephone atau dapat datang langsung ke CV Prima Teknik. Situasi ini mengindikasikan bahwa akses konsumen kepada perusahaan masih perlu ditingkatkan sehingga keluhan konsumen bisa segera ditangani. Sistem penjualan yang berjalan saat ini belum dapat mengelola data penjualan dangan baik karena masih terdapat beberapa kekurangan diantaranya membutuhkan waktu yang lama untuk membuat laporan penjualan, masih terjadinya kesalahan pada saat pendataan data penjualan dan pelayanan jasa servis, berkas bukti transaksi penjualan sering hilang dikarenakan tidak adanya media untuk penyimpanan data transaksi penjualan. Berdasarkan permasalahan diatas maka dibutuhkan sistem memasarkan barang yang dijual dan dapat mengelola data penjualan. Sistem yang dibuat menggunakan Web E-Commerce dengan bahasa pemograman PHP, Database Mysql dan Framework CI (CodeIgniter) dengan model MVC (Model, View, Controller), dan menggunakan metode B2C (Business to Customer) dengan memberikan hak akses kepada setiap user sesuai dengan kebutuhan user sehingga memudahkan perusahaan dalam mengelola data pelayanan kepada pelanggan.


Full Text:

PDF

References


I. P A. E. Pratama. Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika Bandung. 2014.

A. C. Rahcmat. Konsep dan Implementasi Pemograman GUI. Yogyakarta: Andi Offset. 2016

D. Munandar. Relationship Marketing. Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Ekuilibria. 2016.

] (http://id.wikipedia.org/wiki/penyejuk_udara).

A. Kadir.Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi.Yogyakarta: Andi Offset. 2014.

] S. Rosa. A, dan Salahuddin, M. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika. 2016.

] S. Rosa. A, dan Salahuddin, M. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika. 2016

] B. Raharjo. Belajar Otodidak Framework Codeigniter. Bandung: Informatika Bandung. 2015.

] Wahana Komputer. Sistem Informasi Penjualan Online Untuk Tugas Akhir. Semarang: Andi Offset. 2014

R. Abdulloh. Easy & Simple Web Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.2016.

S. Rosa. A, dan Salahuddin, M. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.Bandung: Informatika. 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v6i2.137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JURNAL SISFOTEK GLOBAL

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@global.ac.id

INDEXED BY:

   


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/sisfotek/index.