Buku Infografis “Menjaga Kelestarian Lingkungan” Untuk Menanamkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak-Anak

Shanti Ria Serepia Siregar, Agustinus Sirumapea, Maulana Yusup Ibrahim

Abstract


Lingkungan merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar kita. Banyak manfaat yang dapat dirasakan jika kita menjaga kelestarian lingkungan. Namun sekarang ini kesadaran manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan semakin berkurang. Padahal dengan menjaga kelestarian lingkungan bisa membawa hal positif demi kelangsungan hidup manusia itu sendiri di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, perlu adanya suatu media yang menarik dan kreatif untuk memberikan pemahaman tentang lingkungan sejak dini. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan merancang buku infografis tentang menjaga kelestarian lingkungan. Metode yang digunakan dalam perancangan buku infografis ini adalah metode observasi dan metode perancangan seperti modelling 2D, pewarnaan objek, dan layout. Media cerita menggunakan bahasa Indonesia dan dirancang menggunakan software Adobe Illustrator dan Adobe InDesign. Buku infografis ini memiliki kelebihan ilustrasi, layout fleksibel, dan full color dengan tujuan dapat memberikan nilai-nilai lebih dalam penyampaian informasi dan menarik minat baca anak-anak.

Full Text:

PDF

References


Alamendah, Kerusakan Lingkungan Hidup di Indonesia dan Penyebabnya. www.alamendah.org, diakses pada 26 September 2017. [2] T. Wahyuni. Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Ke-dua Dunia. www.cnnindonesia.com, diakses 26 September 2017. [3] M. Smiciklas. The Power of Infographics. Indianapolis: Que Publishing, 2012. [4] C. C. Amiranti. Minat Baca Anak Rendah, Perlu Terobosan Baru?. www.edukasi.kompas.com, diakses pada 06 Maret 2018. [5] M. S. Sumantri. Model Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016. [6] M. I. Hanafri, dkk, Jurnal Sisfotek Global: Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Profesi Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS6, Tangerang: STMIK Bina Sarana Global ISSN: 2088– 1762 Vol. 7 No. 2, September 2017. [7] A. Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016. [8] M. Smiciklas. The Power of Infographics. Indianapolis: Que Publishing, 2012. [9] A. Raswanto. Apa Itu Infografis?. www.houseofinfographics, diakses pada 16 Oktober 2017. [10] Sudaryono. Mindset Revolution To Becoming A Champion. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia, 2015. [11] Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Arti Kata Peduli. www.kbbi.web.id, diakses pada 08 Februari 2018. [12] Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Arti Kata Buku. www.kbbi.web.id, diakses pada 07 Februari 2018. [13] S. Rustan. Layout: Dasar & Penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009. [14] J. D. Muktiono. Aku Cinta Buku. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2003. [15] R. Laila. Piaget dan Teori Tahap-Tahap Perkembangan Kognitif. www.kompasiana.com, diakses pada 08 Februari 2018. [16] B. Utoyo. Geografi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v8i2.190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JURNAL SISFOTEK GLOBAL

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@global.ac.id

INDEXED BY:

   


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/sisfotek/index.