Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode E-CRM Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Rachmat Hidayat

Abstract


Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi yang terjadi sekarang ini khususnya di negara kita Indonesia, Teknologi tidak lagi menjadi barang yang aneh, bahkan sangat diperlukan untuk mendukung kinerja dari suatu organisasi. Untuk saat ini tanpa dukungan teknologi informasi sebuah perusahaan mungkin sangat mustahil untuk dapat berkembang. Dalam konteks ini, informasi dapat dikatakan menjadi kunci untuk mendukung dan meningkatkan manajemen perusahaan agar dapat memenangkan persaingan yang semakin lama akan semakin meningkat. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk melakukan improvisasi dan peningkatan pelayanan maupun promosi kepada pelanggan adalah dengan CRM yaitu Customer Relationship Management, PT. Zima Translogistic perusahaan yang bergerak dibidang ekpedisi dengan banyak pelanggan sangat membutuhkan proses sistem yang sangat cepat dan tepat sehingga Pelanggan akan mendapatkan kepuasan dalam pelayanan administrasi dan informasi yang akurat, dari permasalahan tersebut dibuatkan sistem e-CRM berbasis dekstop untuk melakukan transaksi pelanggan dan website untuk mendapatkan hasil informasi berkaitan transaksi pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Brown, Stanley W, Customer Relationship Management, John Wileyand Sons Canada, Ltd, Singapore, 2000.

David (2003, June), Data Flow Diagram. Retrieved March 11, 2010, from http://www.scribd.com/doc/9758069/DATA-FLOW-DIAGRAM.

Jogiyanto, HM, Data Flow diagram Analisis dan Desain, Andi Offset, Yogyakarta, 2005.

Jasmadi, Koleksi Templete Web Dan Teknik Pembuatannya. Penerbit Andi, Yogyakarta, 2004.

Oetomo, Budi. S.D., Simanjuntak, J.P & Sukoco, A.A. i-CRM Membina Relasi dengan Pelanggan, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2003.

http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_web

Peranginangin Kasiman, Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v4i2.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JURNAL SISFOTEK GLOBAL

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@global.ac.id

INDEXED BY:

   


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/sisfotek/index.