Desain Aplikasi Pembelajaran Doa-doa Harian Berbasis Game Edukasi

Hermansyah Hermansyah, Leo Fajar Gustomi, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Dalam proses belajar-mengajar, seorang guru harus dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi siswa, sehingga tingkat kejenuhan siswa akan berkurang apabila suasana kelas yang dia gunakan untuk belajar adalah tempat yang menarik baginya. Pembelajaran dengan metode konvensional menjadikan anak merasa monoton dalam belajar, sehingga semangat belajar akan berkurang, konsentrasi belajar pun akan semakin menurun. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di TK Islam MTA, penggunaan media pembelajaran konvensional masih diterapkan di sekolah tersebut. Sehingga terdapat beberapa masalah yang mengakibatkan anak kurang berminat untuk mengikuti pelajaran khususnya pada mata pelajaran doa-doa harian. Media pembelajaran yang hanya menggunakan buku panduan, membuat anak merasa bosan dan kurang tertarik dalam mengikuti pelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat digunakan media pembelajaran yang sifatnya lebih interaktif dan menarik sehingga siswa dapat termotivasi untuk belajar, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang sifatnya multimedia interaktif. Dengan menggunakan media pembelajaran yang sifatnya multimedia interaktif, kita bisa menyisipkan games edukasi yang bisa membuat anak senang ketika belajar.

Full Text:

PDF

References


A. B. Aceh, Pengantar Ilmu Tasawuf, Solo: Ramadhoni, 2009.

M. Ali, Mahir Software Design Grafis Jakarta: Techno Publishing, 2014.

A. Arsyd , Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010.

G. P. F. Dewi, Jurnal Skripsi : Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Hewan dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pemblajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash , Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.

M. A. Erik, Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Dalam Pembelajaran TIK, Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI: Tidak diterbitkan, 2009.

Kumpulan Doa-Doa, Yayasan Majelis Tafsir Alqur’an.

Master, Sekali Baca Langsung Inget Menguasai Adobe Flash dalam Sekejap Tanpa Guru, Jakarta: Kuncikom, 2012.

Munir , Prospek Komputer Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Sistem Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia [online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/, [29 Juli 2010].

R. Susilana, dan C. Riyana, Media pembelajaran “ Hakikat, pengembangan, pemanfaatan dan penilaian, Bandung: CV. Wacana Prima, 2009.

R. T. Wulaningrum, Jurnal Skripsi : Pembuatan Game Tebak Lagu “Reisakura” Menggunakan Adobe Flash, Yogyakarta: AMIKOM, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v5i2.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JURNAL SISFOTEK GLOBAL

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@global.ac.id

INDEXED BY:

   


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/sisfotek/index.