Media Pembelajaran “Kebudayaan Masyarakat Etnis Tionghoa Indonesia Berbasis Multimedia Interaktif”

Juharna Juharna, Muhammad Iqbal Dzulhaq, Lilis Lisnawati

Abstract


Di Indonesia hidup banyak orang Tionghoa. Budayanya yang beragam dan unik perlu dilestarikan sehingga perlu dirancang aplikasi perangkat pembelajaran kebudayaan masyarakat etnis Tionghoa Indonesia berbasis multimedia interaktif. Perangkat ini dirancang berbasiskan 2D Animasi yaitu membuat media pembelajaran berbasis 2D dilengkapi dengan gambar, musik dan teks. Melalui perangkat media pembelajaran ini diharapkan dapat membantu para siswa-siswi sekolah dasar untuk lebih mengetahui kebudayaan masyarakat etnis Tionghoa Indonesia. Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan memengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun  masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media. Antara lain tujuan pembelajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa kuasai setelah pembelajaran berlangsung.

Full Text:

PDF

References


A. Azhar,: media pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada, Jakarta 2015.

I. Binanto, Multimedia Digital : Dasar Teori dan Pengembangannya, Andi, Yogyakarta, 2010.

Koentjaraningrat, Manusia dan kebudayaan di indonesia, Kepustakaan Populer Gramedia, Jakarta, 2013. [4] Lan, N. Joe, Peradaban Tionghoa Selayang Pandang, Kepustakaan Populer Gramedia Jakarta, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v7i1.119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JURNAL SISFOTEK GLOBAL

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@global.ac.id

INDEXED BY:

   


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/sisfotek/index.