Aplikasi Simulasi Ujian Nasional Bagi Siswa SMK Berbasis Android Studi Kasus Pada SMK Insan Kamil Tartila

Rahmat Agusli, Agus Budiman, Hendra Sanjaya

Abstract


Multimedia merupakan salah satu cara yang tepat untuk mempermudah menyampaikan informasi dalam bentuk audio atau  visual. Multimedia juga mampu menghasilkan sesuatu menjadi lebih menarik, salah satu penerapan multimedia adalah untuk media pembelajaran interaktif. Pada SMK Insan Kamil Tartila. Salah satu sekolah yang belum menggunakan media interaktif dalam menyampaikan materi soal tentang simulasi UNBK berbasis android melalui aplikasi android, maka penulis akan mencoba membuat aplikasi pembelajaran interaktif tentang materi soal simulasi UNBK berbasis android. Perancangan Aplikasi pembelajaran interaktif simulasi UNBK berbasis android ini dirancang bertujuan untuk memberikan suatu metode pengajaran yang baru sehingga diharapkan dapat membantu para pendidik (guru) saat pembelajaran berlangsung dan siswa lebih termotivasi serta memiliki minat yang tinggi untuk belajar. Metode lama dengan menggunakan media sistem manual atau head paper dan mendengarkan maka minat siswa untuk belajar menjadi sangat membosankan dan menjenuhkan sehingga minat belajar siswa menjadi kurang antusias. Penulis memberikan solusi tentang pengajaran metode lama yang sangat membosankan dan menjenuhkan, maka dengan metode baru dengan memberikan  animasi  dengan tampilan menarik sehingga menjadi daya tarik siswa akan lebih semangat dan minat belajar siswa lebih antusias, di era digital yang telah berkembang sangat pesat dengan tayangan televisi yang cenderung film cartoon dan animasi yang lebih di sukai anak-anak hingga orang dewasa maka penulis akan memadukan pengajaran yang baru dengan animasi dan bisa di pergunakan di sekolah maupun  di rumah sehingga sistem yang terjadi menjadi belajar sambil bermain yang cenderung tidak membosankan ketika siswa belajar di rumah maupun di sekolah. Aplikasi pendukung untuk membuat aplikasi pembelajaran interaktif ini menggunakan Adobe Flash CS6.

Full Text:

PDF

References


Andi, Adobe Flash CS6 Membuat Aplikasi Android, Semarang : Arr-Ruzz Media, 2014.

Daryanto, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media cetakan 1, 2016.

Rima, Ragam Media Pembelajaran, Yogyakarta: Kata Pena, 2016.

A.S. Rosa dan M. Shalahudin, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung : Informatika Bandung, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v8i2.201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JURNAL SISFOTEK GLOBAL

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@global.ac.id

INDEXED BY:

   


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/sisfotek/index.