Aplikasi Lagu-Lagu Wajib Menggunakan Simulasi Gitar Berbasis Animasi 2D Dengan Adobe Flash CS 5

Otto Fajarianto, Muhammad Iqbal Hanafri, Fachmi Achmad

Abstract


Dunia musik tidak mengenal batas wilayah, usia, ras dan sebagainya. Musik bisa dinikmati oleh siapapun juga. Saat ini, musik berkembang mengikuti perkembangan pola pikir manusia. Ini yang menyebabkan jenis musik menjadi lebih beragam. Penggunaan alat musik tambahan juga banyak sehingga musik menjadi lebih menarik. Mempelajari suatu lagu wajib dan memainkannya dengan alat musik tidaklah sulit salah satunya yaitu dengan gitar, karena gitar merupakan alat musik yang mudah untuk dipelajari dan cocok untuk dimainkan dengan berbagai jenis musik, hanya butuh ketekunan dan kesabaran dalam melakukannya. Pemilihan lagu untuk dipelajari tidak hanya dibatasi oleh lagu yang populer saja, tetapi saat ini masyarakat hanya tertarik pada lagu-lagu populer dan jarang tertarik dengan lagu-lagu wajib kebangsaan Indonesia karena kurangnya alternatif media pembelajaran mengenai lagu-lagu wajib tersebut dengan menggunakan alat musik gitar yang sudah sangat familiar dikalangan masyarakat akan memudahkan dalam mempelajari lagu-lagu wajib. Pembelajaran lagu-lagu wajib melalui media animasi 2D akan memberikan alternatif baru dalam mempelajari sebuah lagu yang sebelumnya hanya menggunakan buku teks saja dan monoton sehingga yang mempelajarinya mudah bosan. Dengan pembuatan aplikasi lagu wajib menggunakan simulasi gitar ini akan mempermudah dalam mempelajari suatu lagu wajib yang akan memberikan rasa cinta tanah air lebih kuat.

Full Text:

PDF

References


J. Hartono, Pengenalan Komputer, Yogyakarta: C.V. Andi Offset, 2004.

J. Febrian, Kamus Komputer & Teknologi Informasi, Bandung: Informatika, 2005.

R. Dhanta, Pengantar Ilmu Komputer, Surabaya: Indah, 2009.

I. T. Made, Pengantar Metode Simulasi Statistika dengan Aplikasi R dan S, Jember: Unit Penerbitan FMIPA Universitas Jember, 2004.

N. Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

A. J. Pamungkas, Jago Gitar Tanpa Guru, Jakarta: PT. Fathan Prima Media, 2013.

I. F. McGraw, Macromedia Flash Animation & Cartooning: A Creative Guide, California: Hill/Osborn, 2002.

A. A. Suciadi, Menguasai Pembuatan Animasi Flash Macromedia MX, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2003.

Zeembry, Animasi Web dengan Macromedia Flash 5, Elex Media Komputindo: Jakarta, 2001.

A. Jibril, Jurus Kilat Jago Adobe Flash, Yogyakarta: Dunia Komputer, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v4i2.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JURNAL SISFOTEK GLOBAL

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@global.ac.id

INDEXED BY:

   


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/sisfotek/index.