Aplikasi Interaktif Pengenalan Pahlawan Revolusi Indonesia Berbasis Multimedia (Studi Kasus di MI AL-GINA)

Agus Budiman, Triono Triono, Desy Ariani

Abstract


Aplikasi Interaktif Pengenalan Pahlawan Revolusi Berbasis Multimedia merupakan sebuah aplikasi pembelajaran untuk mengenal pahlawan revolusi Indonesia dengan cepat dan tepat. Penelitian ini diharapkan dapat membuktikan perbedaan hasil belajar siswa, pemahaman siswa terhadap pelajaran, dan kreativitas siswa antara metode pembelajaran konvensional dengan metode interaktif multimedia pada mata pelajaran IPS khususnya pada pokok bahasan pengenalan pahlawan revolusi Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan selama lima bulan tepatnya pada bulan April sampai Agustus 2014 dengan jumlah sampel 30 orang siswa kelas IV A. Dalam pembuatan aplikasi aplikasi ini penulis menggunakan software Adobe Flash CS3 (Action Script 2.0). Aplikasi ini terdapat teks, suara, audio, video dan tools yang memudahkan siswa mengenal tokoh-tokoh pahlawan, tempat mereka berasal dan perjuangannya. Untuk menarik minat siswa menggunakan aplikasi ini penulis membuat aplikasi interaktif yang dapat memberikan pengetahuan tentang pahlawan revolusi Indonesia. Instrumen penelitian untuk menguji metode pembelajaran baru dengan indikator kecepatan pemahaman siswa terhadap pelajaran, kreativitas siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan perhitungan diperoleh rata-rata efektivitas metode mengajar sistem lama (Metode Konvensional) 36.0% dan metode mengajar baru (Interaktif Multimedia) 80.8%. Kecepatan pemahaman murid terhadap pelajaran dengan metode lama 37.5 % dan metode baru 92.5%. Kreativitas murid yang diajar dengan metode lama 45% metode baru 60%. Hasil belajar murid yang diajar dengan metode lama 27.5% menjadi 90%. Kesimpulan metode mengajar baru lebih efektif dari metode mengajar lama.

Full Text:

PDF

References


Ajisaka, Arya, Mengenal Pahlawan Indonesia, Penerbit Kawan Pustaka, Jakarta, 2008.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Penerbit Rajawali, Jakarta, 2011.

Hartono, Jogiyanto, Analisis dan Desain, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2008.

Hendrayudi, VB 2008 Untuk Berbagai Keperluan Programing, Penerbit PT Alex Media Komputindo, Jakarta, 2009.

Hisnu P, Tantya, Ilmu Pengetahuan Sosial 4 : SD/MI Kelas IV, Penerbit Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Kurniawan dkk, Ringkasan Pelajaran & Soal Matematika SD Kelas 4, 5, 6 Lengkap (+CD dan Soal Latihan, Penerbit PT Tangga Pustaka, Jakarta, 2010.

Madcoms, 55 Kreasi Populer Animasi Cantik dengan Adobe Falsh, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2009.

Nugroho, Bunafit dkk, Aneka Krasi Animasi dengan Adobe Flash CS3, Penerbit PT Alex Media Komputindo, Jakarta, 2008.

Nuralia, Lia dan Imanudin, Iim, Kisah Perjuangan Indonesia, Penerbit Ruang Kata, Bandung, 2010

Nurtantio, Pulung, Kreasikan Animasimu dengan Adobe Flash Dalam Membuat Sistem Multimedia Interaktif, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta, 2013.

Soedarso, Sistem Membaca Cepat dan Efektif, Penerbit Gramedia Pustaka Utama Jakarta, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Penerbit Alfabeta, Bandung, 2012.

Sunyoto, Andi, Adobe Flash + XML = Rich Multimedia Application, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2010.

Suyanto, M, Analisis & Desain Aplikasi Multimedia, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2005.

Suyanto, Muhammad, Multimedia alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2006.

Team STKIPKN, Modul Statistik Matematika, Penerbit STKIP Kusuma Negara, Jakarta, 2006

Tim Penulis, Pahlawan Indonesia, Penerbit Media Pressindo, Yogyakarta, 2008.

Karso., dkk, Pendidikan Matematika, Universitas Terbuka, Jakarta, 2008.

Sumantri, Mulyani., Syaodih, Nana., Perkembangan Peserta Didik, 2009.

Wahyudin, Din, Pengantar Pendidikan, Universitas Terbuka, Jakarta 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v4i2.49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JURNAL SISFOTEK GLOBAL

Organized by: Research Center and Community Development
Published by: Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Phone. +62 552 2727
Email: lppm@global.ac.id

INDEXED BY:

   


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..
Based on a work at https://journal.global.ac.id/index.php/sisfotek/index.